6_Jpop CDJapan

Layar Laptop Tiba-tiba Blank Putih?

Layar laptop menjadi blank putih? Laptop menjadi putih jika layarnya dilipat? Lalu, bagaimana cara mengatasinya permasalahan layar laptop menjadi blank putih ini? Mari kita bahas cara mengatasinya.

Untuk anda-anda yang mengatasi masalah yang seperti ini, janganlah panik. Permasalahan seperti ini sudahlah sangat umum bagi para pengguna laptop atau computer jinjing ini. Dan ini permasalahan yang masih tergolong ringan daripada kipas pendingin laptop anda mati, hardisk rusak, RAM yang rusak, ataupun yang paling ngeri jika motherboard laptop yang rusak.
Layar blank putih tersebut diakibatkan oleh kabel flexible laptop dalam persendian lipatan laptop yang sudah mulai aus atau bahkan ada beberapa yang sudah nempel-nyambung, sehingga jika layar digerakkan, tiba-tiba layar putih yang muncul. Ada beberapa cara mengatasi permasalahan tersebut. Ada yang bersifat sementara (jika belum parah) ada yang akut (sudah sangat parah). Yup, langsung saja saya bahas bagaiman cara mengatasi permasalahan layar laptop agar tidak menjadi blank putih. Antara lain adalah sebagai berikut:
Penanganan sementara:
  1. Jika layar anda putih, tekan tombol untuk menampilkan pada LCD/yg biasanya dibuat presentasi. Di laptop saya tombol Fn+F2. Tekan sampai gambar di LCD laptop anda muncul. 
  2. Jangan pernah menggerakkan/melipat secara emosional sampai gambar pada laptop anda muncul, karena ini akan menambah kerusakan kabel fleksibel anda. 
  3. Jangan terlalu buka-tutup laptop. Kala hanya ditinggal sebentar, lebih baik kondisikan standby atau hibernate tanpa menutup layar laptop. (kalo inign dibawa/pergi agak lama, ya harusditutup tapi…hehe)
Jika sudah parah dan rentang waktu layar menjadi putih kembali sangat sering, lebih baik segera larikan ke dokter laptop disekitar anda yang terdekat dan termurah. Karena akan tidak nyaman jika anda sedang mengerjakan tugas, bekerja, nonton film, browsing, nge-game, atau mbokep (haha) tiba-tiba layarnya jadi putih. Pasti sangat mengesalkan, tuh. Biaya perbaikan juga terbilang juga cukup murah, detailnya sebagai berikut:
  1. Jika tanpa mengganti kabel fleksibel, ongkos perbaikan mungkin sekitar 50-100ribuan di tukang servis komputer dan laptop. Sehari masalah bisa terselesaikan, tergantung tumpukan kerja dokter-nya. 
  2. Jika sampai mengganti kabel fleksibel, perkiraan ongkos sekitar 200-250ribuan. Selesainya bisa berhari-hari, tergantung susah-gampangnya nyari kabel yang sesuai untuk laptop anda.

Yup, itulah cara mengatasi permaslahan layar laptop menjadi blank putih. Saya mengetahui ini berdasar pengalaman saya sendiri. Semoga membantu anda-anda sekalian. Terima kasih.

1 komentar:

6_Jpop CDJapan