6_Jpop CDJapan

10 Keuntungan Memiliki Akun Last.fm

Mungkin beberapa dari teman-teman sudah tidak asing lagi dengan Last.fm. Last.fm adalah jejaring sosial seperti halnya facebook atau twitter, namun ini lebih difokuskan bagi para pengguna yang sangat menyukai musik.

Langsung saja kita bahas mengenai mengapa penting memiliki akun last.fm? (tergantung orangnya juga,sih…hha) Inilah 10 keuntungan jika kita memiliki akun Last.fm:


#1. Memberi tahu musik yang anda putar sekarang.
Sama seperti situs jejaring sosial yang mengupdate status anda dimana-mana, last.fm akan memberitahu lagu yang anda putar saat ini/sekarang ke publik, dengan begitu anda dapat memberitahukan lagu yang anda putar ke teman-teman anda.(lihat gambar)
Gb 1. Listeing Now (klik utk memperbesar)
Keterangan: Gambar diatas menjelaskan bahwa lagu yang sedang didengar adalah dari band vistlip yang berjudul Black Tail dan diputar dengan menggunakan Winamp, terlihat juga recent hisroty dari lagu yang anda putar sebelum lagu ini.

Jika anda tidak sering mendengarkan melalui PC, aplikasi Last.fm juga tersedia untuk mobile dan akan mengintegrasikan player anda dengan server last.fm tentang lagu yang anda putar.


#2. Mengetahui musik yang didengarkan teman anda.
Selain anda dapat menginformasikan lagu yang anda putar, Last.fm juga dapat memberitahu anda lagu yang sedang diputar oleh teman anda. (lihat gambar)
Gb 2. Friend Listening Now (klik utk memperbesar)
Keterangan: Jika anda memiliki banyak teman di last.fm, maka  anda dapat mengetahui track apa yang sedang diputar oleh teman anda.

Hanya saja berbeda dengan lagu kita diketahui publik ketika kita memutarnya, lagu yang diputar oleh teman anda dapap anda ketahui jika teman anda memiliki Last.fm seperti anda.


#3. Dapat memberikan rekomendasi artis untuk anda. (Penting)
Sekarang lebih keren lagi, Last.fm dapat merekomendasikan lagu/artis/band baru (yang belum pernah anda coba dengar) berdasarkan lagu-lagu yang telah anda putar selama ini. Band rekomendasi tersebut berdasarkan pada genre serta perbandingan diputarnya lagu dari band tersebut  oleh orang-orang yang memiliki selera musik seperti anda.
Misal jika anda menyukai lagu-lagu Korea, maka akan muncul rekomendasi band Korea yang mungkin anda akan suka berdasarkan selera musik anda yang sebelumnya telah dibandingkan dengan jutaan pengguna Last.fm. (lihat gambar)
Gb 3. Last.fm artist recomendation (klik utk memperbesar)
Keterangan: Gambar diatas menunjukkan bahwa saya direkomendaikan band bernama SCREW berdasarkan band-band yang serupa dengan SCREW yang sering saya putar seperti Alice Nine, GazettE, ViViD, dan lain-lain.


#4. Memberitahu rilis album terbaru. (Penting)
Berdasarkan lagu yang anda putar (scrobbling), maka Last.fm akan merekomendasikan album terbaru dari artis/band yang anda suka, yang belum sempat anda dengar. (lihaat gambar)
Gb 4. Last.fm album recomendation (klik utk memperbesar)
Keterangan: Dari keterangan diatas adalah album Number One dari MCR, artinya berdasarkan lagu-lagu MCR yang saya dengar, saya belum mendengarkan album Number One, oleh karena itu last.fm merekomendasikannya untuk saya.

Anda dapat membelinya lewat Amazon yang telah memiliki kerjasama dengan Last.fm, namun mungkin anda lebih memilih untuk mendownloadnya secara gratis.


#5. Mengetahui lagu/band favorit anda.
Dalam perjalanan anda memutar lagu, maka dalam rentang waktu tertentu (Minggu, Bulan, 3 Bulan, 6 Bulan, dll) Last.fm dapat memberitahu Band yang paling anda suka berdasarkan yang anda putar paling sering. Selain itu, Last.fm juga memberikan informasi kepada anda tentang track lagu yang paling sering anda putar dalam rentang waktu tertentu tersebut.

Contohnya bisa kita lihat di profil last.fm anda, misal: www.last.fm/user/matsuda87


#6. Mengetahui artis yang sedang populer. (Penting)
Menu ini menawarkan anda untuk mengetahui band/artis mana yang paling banyak didengar saat ini oleh masyarakat pengguna Last.fm di seluruh dunia. Jika anda ingin mengetahui band yang paling banyak diputar oleh orang Indonesia (terpopler di Indonesia), anda dapat mengetahuinya dengan melihat tab Indonesia (lihat gambar). Indonesia akan muncul jika anda telah men-setting lokasi anda adalah Indonesia.
Gb 5. Popular artist based by last.fm user (klik utk memperbesar)
Keterangan: Gambar diatas menujukkan artis yang paling banyak diputar di seluruh dunia berdasarkan pengguna last.fm. Kita juga melihat band apa yang terpopular di Indonesia jika kita melihat tab Indonesia.Kita juga dapat mengurutkannya berdasrakan pilihan genre.


#7. Forum sebagai tempat diskusi.
Seperti Kaskus atau Indowebster, last.fm juga memiliki forum sebagai tempat diskusi untuk mendiskusikan/ngobrolin tentang artis favorit anda. Namun karena menggunakan bahasa Inggris, saya ragu akan akti di forum seperti ini.
Forum juga membantu anda dalam mengetahui feature dan perkembangan update Last.fm itu sendiri disamping informasi tentang artis favorit anda.


#8. Mengetahui hubungan selera musik anda dengan teman anda. (Penting)
Anda dapat menamabah pertemanan layaknya situs jejaring sosial lain. Anda bisa menambahkan secara acak teman anda yang memiliki akun last.fm. Jika tidak anda dapat menambah teman berdasarkan kekuatan hubungan atau orang yang memiliki selera musik yang sama dengan anda.
Gb 6. Friend relation (klik utk memperbesar)
Keterangan: Jika bar semakin terisi penuh, maka selera musiknya juga semakin tinggi.


#9. Memberitahu event musik kepada anda. (Penting)
Jika anda telah men-setting lokasi anda, maka event-event musik yang berada di dekat lokasi anda akan muncul sebagai rekomendasi untuk anda agar datang atau tidak. Tentu saja event tersebut tidak begitu saja muncul sebagai rekomendasi untuk anda, melainkan muncul berdsarkan apa yang anda telah putar selama in.
Jika anda sering memutar lagu-lagu dari Paramore atau One Direction, maka jika artis tersebut akan mengadakan event/konser di dekat lokasi anda, maka event ini akan muncul pada menu Event di akun Last.fm anda.
Gb 7. Last.fm event recomendation (klik utk memperbesar)
Keterangan: Disini berdarkan yang saya dengar yaitu band Alice Nine, maka last.fm merekomendasikan mengenai event Jrock Evolution yang diselenggarakan di Indonesia beberapa waktu lalu. Dan dalam event tersebut, Alice Nine yang merupakan salah satu band favorit saya yang tercatat di last.fm..


#10. Radio
Menu ini memungkinkan kita unutk mendengarkan lagu-lagu dari suatu artis berdsarkan lagu yang anda putar. Jika anda belum punya lagu terbaru dari suatu artis, maka fasilitas radio memungkinkan anda untuk dapat mendengarkan lagu favorit anda. Hanya saja (kalau tidak salah) fasilitas ini hanya disediakan 1 bulan setelah kita registrasi, setelah itu kita harus membayar untuk tetap menggunakan fasilitas ini.
Pembayaran itu digunakan untuk membayar royalti terhadap lagu yang anda dengarkan kepada artis idola anda.


Oke, itulah 10 Keuntungan menurut GMAZDAZ.blog, jika anda memiliki pendapat yang berbeda, silahkan komen dibawah. Nanti post akan diupdate berdasarkan pertimbangan-pertimbangan lain dan pengalaman yang lebih baik.

Post selanjutnya saya akan mencoba membahas bagaimana cara daftar last.fm dan cara mengintegrasikan player yang anda gunakan (Winamp,foobar,JetAudio,iTunes,dll) dengan akun anda pada website last.fm. Stay tuned. . .


2 komentar:

  1. tambah ilmu disini deh.nice this post

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet amat langsung mampir...wkwkwkw
      trims gan atas kunjungannya...

      Delete

6_Jpop CDJapan